Rabu, 21 Januari 2015

sistem irigasi

baiklah,,,

Selamat datanag diblogger,, :)

ini adalah post pertama saya hari ini, di belajar biologi, :)))

pelajaran pertama, yang akan saya bagikan adalah tentang sistem irigasi,

apa sih itu, sistem irigasi,,?

Sistem Irigasi merupakan usaha penyediaan dan peganturan air, untuk menunjang sistem pertanian yang ada. Misalnya seperti sistem irigasi permukaan, bawah tanah dan sebagainya. irigasi berarti mengalirkan air, dari sumberair, ke sebidang tanah untuk memenuhi kebutuhan tanaman.
Dari adanya sistem irigasi ini, akan memudahkan para petani untuk mengairi sawahnya dengan baik, terutama pada musim kemarau.

ada 2 cara pemberian air irigasi yaitu secara alami dan buatan

kalau yang secara alami air langsung berasal dari hujan, genangan air pada saat banjir dari sungai yang akan langsung menuju tanaman

sedangkan yang secara buatan adalah ketika penggunaan air ini mengikutkan pekerjaan rekayasa teknik dalam skala yang cukup besar, maka hal tersebut disebut irigasi buatan (Artificial Irrigation).

Irigasi buatan (Artificial Irrigation) secara umum dapat dibagi dalam 2 (dua) bagian :
1.Irigasi Pompa (Lift Irrigation), dimana air diangkat dari sumber air yang rendah ke tempat yang lebih tinggi, baik secara mekanis maupun manual.
2.Irigasi Aliran (Flow Irrigation), dimana air dialirkan ke lahan pertanian secara gravitasi dari sumber pengambilan air.

adapun beberpa dari jenis irigasi

 1.      Irigasi Permukaan atau Irigasi Gravitasi ( Open gravitation irrigation )
Merupakan sistem irigasi yang menyadap air langsung di sungai melalui bangunan bendung maupun melalui bangunan pengambilan bebas (free intake) kemudian air irigasi dialirkan secara gravitasi melalui saluran sampai ke lahan pertanian.

2.      Irigasi Bawah Permukaan ( sub-surface irrigation )
Merupakan irigasi yang dilakukan dengan cara meresapkan air ke dalam tanah dibawah zona perakaran tanaman melalui sistem saluran terbuka maupun dengan pipa bawah tanah. 

3.      Irigasi Pancaran (Sprinkle Irrigation)
Irigasi pancaran adalah adalah irigasi modern yang menyalurkan air dengan tekanan sehingga menimbulkan tetesan air seperti hujan ke permukaan lahan pertanian. 

4.  Irigasi Tetes (Drip Irrigation)
Irigasi tetes adalah sistem irigasi dengan menggunakan pipa atau selang berlubang dengan menggunakan tekanan tertentu yang nantinya air akan keluar dalam bentuk tetesan  langsung pada zona perkaran tanaman. 
Nah, itu sedikit penjelasan tentang sistem irigasi, untuk lebih jelasnya bisa diliat di makalah dan powerpoin yang sudah saya tampilkan di link di bawah ini,,

Selamat membaca, dan smoga bermanfaat :)))

sampai bertemu di post selanjutnya,:)))




https://docs.google.com/presentation/d/1pkzLCcoJ0OpkvaH_iMbvjuN9r4f-bdBGVXu2z_LsZiI/pub?start=true&loop=false&delayms=15000 https://docs.google.com/document/d/19ykEQMdZU7LZaRTPo8BH_g3t2Hx6nDaMF97Ze6bXSdg/pub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar